Resep Nasi Tutug Oncom (TO) Lezat

Nasi Tutug Oncom (TO). Nasi tutug oncom or sometimes simply called tutug oncom, is an Indonesian style rice dish, made of rice mixed with oncom fermented beans, originally from Tasikmalaya, West Java. It is usually wrapped in banana leaves and served with various side dishes. Nasi campur oncom khas Sunda ini biasanya disajikan dengan lalapan, sambel, dan lauk seperti tahu/tempe goreng, ikan asin, atau ayam goreng.

Nasi Tutug Oncom (TO) TO merupakan perpaduan nasi dengan oncom berbahan dasar kacang, khas Jawa Barat. Enak disantap hangat dengan lalapan dan sambal dan lauk pelengkap lainnya seperti udang bakar dan tempe goreng Buat entry. Ketika mengkonsumsi nasi tutug oncom, perpaduan rasa gurih, asin, dan pulen akan semakin terasa di lidah. Kamu bisa membuat Nasi Tutug Oncom (TO) using 11 bahan dan cara membuat 6. Berikut ini adalah cara meresep nya.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Nasi Tutug Oncom (TO)

  1. Tambahkan 2 piring dari Nasi Putih.
  2. Persiapkan 2 papan dari Oncom.
  3. Campurkan 7 siung dari Bawang Merah.
  4. Tambahkan 4 siung dari Bawang Putih.
  5. Persiapkan 3 cm dari Cikur/Kencur.
  6. Tambahkan 2 buah dari Cabe Keriting (sesuai selera).
  7. Tambahkan 5 buah dari Cabe Rawit (sesuai selera).
  8. Tambahkan 1 genggam dari penuh Daun Kemangi.
  9. Campurkan Secukupnya dari Garam (1 sdt).
  10. Persiapkan 1/4 sdt dari Kaldu Jamur.
  11. Tambahkan dari Gula Secukupnya (1/4 sdt).

Terutama apabila oncom pecah di dalam mulut, rasa gurih pun tak tertahankan lagi. Belum lagi tambahan lauk ikan kecil dan lalapan yang disiram dengan sambal khasnya. Nasi Tutug Oncom, resep klasik masakan Sunda yang bisa jadi belum banyak yang mengetahuinya. Maklum, karena popularitas nasi uduk ataupun nasi putih biasanya seperti masih menjadi pilihan banyak orang Indonesia.

Langkah Langkah Membuat Nasi Tutug Oncom (TO)

  1. Siapkan bahan bahan, potong oncom menjadi beberapa bagian lalu potong tipis tipis seperti pada gambar. Siapkan pan atau pemanggang, tata rapi oncom dalam pan lalu panggang dengan api kecil, tidak perlu pakai mentega atau minyak..
  2. Panggang oncom sampai seperti pada gambar (terdapat bekas panggang di oncom)..
  3. Siapkan ulekan. Ulek bawang, cabe, dan kencur sampai halus, jangan lupa beri garam ketika mengulek. Setelah halus masukan oncom yang telah dibakar, lalu ulek sampai halus. Sisihkan..
  4. Siapkan wajan, beri minyak sedikit, goreng kemangi sampai layu, lalu masukan oncom yang telah halus, tambahkan gula, dan kaldu jamur, masak sampai matang kira-kira 2 menit. Test rasa, usahakan rasa lebih asin dari biasanya karena nanti akan di campur dengan nasi..
  5. Siapkan nasi, aduk bersama oncom yang telah di masak. Masi tutug oncom siap dihidangkan dengan ayam bakakak, tahu goreng panas dan sambel..
  6. P.s jika tidak suka aroma atau rasa bawang mentah, bumbu yang telah di ulek bisa ditumis terlebih dahulu, baru dicampur oncom yang telah di hancurkan. Dan nasi TO bisa disajikan dadakan, simpan oncom yang telah dimasak di toples, kemudian campur dengan nasi panas ketika hendak makan, akan terasa lebih enak karena dibuat dadakan. Selamat menikmati..

Padahal, nasi yang ditanak bersama oncom ini menghasilkan cita rasa. Tumis bumbu sampai harum, tambahkan garam, gula dan sedikit air, tambahkan oncom yang sudah dihancurkan, tambahkan nasi, kemudian aduk hingga rata. Siapa yang suka sama nasi tutug oncom? Masakan olahan dari nasi ini berasal dari daerah Jawa Barat. Dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng ini paling nikmat disantap dalam keadaan hangat.

Mau masang iklan atau backlink? chat aja.
KOMENTAR DI NONAKTIFKAN. KARENA BANYAK SPAMMER.